Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan untuk Berlangganan Internet

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan untuk Berlangganan Internet

Nama Penulis: Muhammad Azhari
Link Artikel: https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/ekuitas/article/view/3710
DOI: 10.47065/ekuitas.v9i9.9999

Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan berlangganan internet di Kota Bandung. Dengan perkembangan pesat teknologi digital, internet menjadi kebutuhan esensial bagi masyarakat, baik untuk komunikasi, hiburan, maupun pekerjaan. Studi ini meneliti pengaruh harga internet, pendapatan rumah tangga, tingkat pendidikan kepala rumah tangga, jumlah anggota keluarga, dan usia kepala rumah tangga terhadap keputusan untuk berlangganan internet.

Menggunakan metode Ordinary Least Square (OLS) dan data sekunder dari Indihome, Biznet, First Media, serta Badan Pusat Statistik (BPS) dari periode 2006 hingga 2021, penelitian ini menemukan bahwa jumlah anggota keluarga dan usia kepala rumah tangga berpengaruh signifikan terhadap permintaan internet. Semakin besar jumlah anggota keluarga, semakin tinggi kebutuhan akan akses internet. Selain itu, semakin tua usia kepala rumah tangga, semakin besar kecenderungan mereka untuk berlangganan internet, terutama karena kebutuhan komunikasi dan informasi yang meningkat.

Namun, variabel lain seperti harga internet, pendapatan rumah tangga, dan tingkat pendidikan kepala rumah tangga tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap permintaan internet di Kota Bandung. Hal ini menunjukkan bahwa internet telah menjadi kebutuhan inelastis, di mana permintaan tetap tinggi meskipun harga naik atau tingkat pendapatan berubah.

Kesimpulan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa provider internet sebaiknya fokus pada strategi pemasaran yang menargetkan keluarga besar dan segmen usia produktif. Selain itu, kebijakan peningkatan akses internet yang lebih luas dapat membantu meningkatkan penetrasi digital di berbagai lapisan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *